Rabu, 06 Mei 2009

Sejarah Kenop

Kenop (sinonim dari "tombol" atau button dalam bahasa inggris) pertama hadir di Indonesia tahun 1998. Pada saat itu Kenop merupakan e-commerce video game pertama di Indonesia. Milis kenop adalah milis video game tertua di indonesia yang mulai tahun 1998

Situs Kenop pertama adalah http://fly.to/kenop yang dikembangkan pada tahun 1998. Pada saat itu para gamer di Jakarta dapat memesan dengan mengirim email ke kenop@vision.net.id atau pager 13068 id 13668.


Kenop Logo 1

Pada akhir tahun 1998, situs Kenop mulai menulis mengenai hardware Video Game. Tulisan guide asesoris PS oleh Kenop ini ada sebelum keberadaan majalah game nasional. Selain itu, di situs ini juga ditulis mengenai anime dan tokusatsu.

Pada bulan maret tahun 1999, Kenop membuka toko offline di Blok M Plaza lt 5 unit 518 (sekarang pindah ke unit 522). Di toko tersebut tercatat banyak sekali sejarah game dan anime terjadi.


Kenop Video Game - 1999

Kenop adalah tempat milis Animanga (bukan majalah Animanga Oops yg terbit belakangan) melakukan gathering pertama kali pada tahun 1999. Milis animanga adalah milis anime tertua di Indonesia yang dianggotakan oleh banyak sekali tokoh-tokoh anime di Indonesia pada saat itu. Pada saat itu anime didistribusikan dengan VHS dan Laser Disc. Dari milis inilah Kenop menyadari arti pentingnya suatu komunitas.


Milis Animanga

Tercatat Kenop adalah toko pertama yang menjual anime di Jakarta (1999) dan toko pertama di Jakarta yang menerapkan Japanese lifestyle lengkap dengan video game, anime, tokusatsu, Jpop, Jrock dan Japanese toys. Kenop juga bertanggung jawab atas penyebaran anime-anime klasik seperti Voltes V dan lainnya.

Pada tahun 2000, Kenop dan teman-teman dari Animanga (termasuk animbus Bandung, dan X Computer Gajah Mada Plaza), mencoba membuat kejutan di dunia Anime Indonesia dengan merilis Anime legal pertama di Indonesia, dengan mengiklankan satu halaman depan penuh di majalah Animonster. Anime Weiß Kreuz dirilis ke pasaran dengan idealisme tinggi, kecintaan anime yang tinggi, dan juga rasa optimis. Sayang sekali pasar yang belum siap dengan originalitas sebuah produk mengakhiri usaha Kenop hingga volume ke 4 anime ini. Peredaran volume selanjutnya terpaksa dioper ke distributor VCD besar di Jakarta.


Weiß Kreuz

Pada tahun akhir tahun 1999, Kenop membuka salah satu rental PS pertama di Jakarta yang dinamakan Kenop R (sekarang tutup).


Kenop R - diawal millenium

Seiring berkembangnya jaman, kenop akhirnya membeli dotcom kenop.com pada tahun 2001 dengan bentuk online gamezine yang dikembangkan oleh M Santaka (kuro), Patra Ramadana (rickel/ kelly), dan Ajie (feanor).


Kenop logo model 2

Tahun 2002, www.kenop.com dikembangkan menjadi situs yang mendedikasikan dirinya terhadap jurnalistik Video Game secara sempurna, tanpa kepentingan komersial. Kenop.com pun dirubah menjadi Video Games Indonesia yang lengkap dengan forum VGI yang sekarang menjadi forum console terbesar di Indonesia. Sejak tahun 2002, kenop.com hanya memberikan informasi harga console untuk tokonya di Blok M Plaza.


Kenop.com tahun 2002

Di tahun yang sama, Kenop membuka cabang keduanya di Pondok Indah di Jl Gedung Hijau Raya (sekarang tutup).


Kenop Pondok Indah - sekarang tutup

Pada tahun 2002 pula, Video Games Indonesia, Kenop, Majalah Ultima Cross, dan restoran Hotplanet mengadakan lomba Tekken 4 pertama kali yang sukses mengundang ratusan gamer tanpa ada sistem multi tiket. Lomba game nasional yang diadakan VGI ini menjadi cikal bakal lomba-lomba game lainnya yang diadakan negara ini. Hingga hari ini, tercatat 6 kali Kenop mendukung VGI untuk mengadakan lomba game nasional.


Tekken 4 VMFT 3 Blok M Plaza - 2002

Kenop juga tercatat menjadi sumber inspirasi VGI untuk membuat artikel mengenai panduan (buyers guide) PS2 melalui artikel di VGI dan majalah-majalah nasional yang menjadi panduan pembelian PS2 dan asesorisnya yang digunakan menjadi acuan hingga sekarang. Kenop juga tercatat menjadi toko pertama di Jakarta yang bisa memodifikasi PS2 versi US untuk game CD, dan PS2 versi Jepang (SCPH 10000) untuk game DVD. Kenop juga tercatat berhasil membuka region mesin Game Cube versi Matsushita (Panasonic Q).

Tahun 2004, Kenop membuka cabang di STC (VGI Shop, sekarang tutup).


Kenop STC (VGI Shop) - sekarang tutup

Tahun 2005, Kenop membuka cabang di PIN Bowling Alley Pondok Indah (sekarang tutup).


Kenop Pondok Indah 2 - sekarang tutup

Di awal tahun 2006, Kenop membuka cabang di Plaza Semanggi (sekarang tutup).


Kenop Plaza Semanggi - sekarang tutup

Di bulan maret 2006, Kenop mulai melakukan perubahan besar-besaran dari manajemen, service, dan design outlet. Kenop melakukan pendekatan modern dan minimalis pada design toko tanpa menaikkan harga produk. Service dan pelayanan juga dibenahi dengan sangat detail. Konsep baru Kenop ini diiringi dengan dibukanya forum Kenop di VGI dan rekonstruksi www.kenop.com.


Kenop Blok M Plaza - sekarang


0 komentar:

Posting Komentar