Kamis, 07 Mei 2009

sejarah pokemon

Sekilas Tentang Pokemon

Pokemon (Pocket Monsters – Monster Saku) pertama kali diciptakan oleh Satoshi Tajiri, seorang penggemar serangga sekitar tahun 1995. Pertama kali dirilis oleh Game Freak dalam bentuk permainan peran (RPG) untuk Game Boy, handheld video game buatan Nintendo. Game yang pertama dirilis yaitu Pokemon Red & Green yang dirilis hanya di Jepang pada tahun 1995. Game ini dirilis di luar Jepang dengan judul Pokemon Red & Blue pada tahun 1998 dan meraih sukses yang luar biasa. Mengikuti suksesnya, Pokemon kemudian dibuat versi anime, manga, movie, trading card, hingga berbagai franchise lainnya. Kepopuleran Pokemon menjadikannya salah satu ikon budaya pop dunia dan salah satu maskot Nintendo selain Mario dan Zelda.

Pokemon sendiri mengisahkan sebuah dunia dimana manusia hidup dengan berbagai jenis makhluk menyerupai binatang, tumbuhan dan berbagai bentuk kehidupan yang disebut sebagai Pokemon. Pokemon menjadi teman manusia, digunakan dalam pekerjaan, dan yang paling populer, digunakan sebagai kompetisi pertarungan antar pokemon yang disebut liga Pokemon. Di sini, setiap pelatih pokemon diharuskan menangkap pokemon sebanyak-banyaknya (Gotcha catch’em all! – semboyan Pokemon) dan melatihnya hingga siap mengikiti kejuaraan liga Pokemon. Sebelumnya tiap trainer diharuskan mengumpulkan badge yang menjadi syarat mengikuti liga pokemon. Badge ini didapatkan ketika berhasil mengalahkan gym leader.

Sampai saat ini terdapat 493 pokemon, mulai dari generasi pertama hingga generasi keempat. Pokemon terdiri dari beberapa jenis/tipe, dimana setiap tipe memiliki kelemahan dan keunggulan tersendiri melawan tipe-tipe tertentu. Seperti Pokemon air yang unggul melawan Pokemon tipe batu, namun lemah terhadap Pokemon tipe listrik.

Dalam mengumpulkan berbagai Pokemon, setiap trainer (pelatih) dibekali dengan pokeball (bola yang dipakai untuk menangkap pokemon), pokedek (ensiklopedi pokemon, trainer diharuskan melengkapi data pokemon-pokemonnya), peta, tas, dan berbagai perlengkapan lainnya.

Dunia Pokemon terjadi di beberapa provinsi (region) yang saat ini terdiri dari Kanto, Johto, Hoenn, dan Sinnoh. Masing-masing region memiliki pokemon, gim, dan turnamen pokemon tersendiri.

Game-game Pokemon dirilis untuk handheld GameBoy, GameBoy Colour, GameBoy Advance, Nintendo DS, dan untuk console Nintendo 64, Game Cube, dan Nintendo Wii, yang kesemuanya adalah produk dari Nintendo. Game-game yang dirilis bervariasi dalam berbagai genre, dengan genre utama RPG.

Untuk animenya, Pokemon mengisahkan petualangan Ash Ketchum (Satoshi – nama Jepang), seorang anak laki-laki berumur sepuluh tahun dalam perjalanannya menjadi Pokemon Master, sebutan bagi juara liga Pokemon. Ash ditemani dengan Pikachu, seekor Pokemon tipe listrik yang berbentuk seperti tikus. Pikachu inilah yang kemudian menjadi maskot bagi tiap franchise Pokemon. Ketika orang membicarakan Pokemon, mereka pasti langsung tertuju pada makhluk mungil bersuara lucu ini.

TOKOH POKEMON

Trainers

Ini dia nama karakter-karakter trainer yang ada di anime Pokemon. Silahkan dilihat^^



Ash Ketchum
Biasa dipanggil Ash. Dalam bahasa Jepanganya, Satoshi. Indonesia, Ali. Dia adalah trainer yang memiliki pikachu dan starter lainnya. Di game, dia adalah karakter utama. Dia selalu berpetualang bertiga, yaitu bersama Brock dan Misty. Mereka bertiga selalu diganggu yang namanya Team Rocket. Team Rocket sangat ingin merebut Pikachu dari Ash. Tujuan Ash adalah Untuk menjadi pokemon master, jadi dia diharuskan untuk meraih 8 lencana yang bisa didapatkan di Gym stiap wilyahnya.


Misty
Misty adalah teman baik Ash dan Brock. Mereka bertiga selalu bertualang. Di gamnya, dia menjadi Leader Gym Cerulean City. Pokemon-pokemonnya bertipe air, di game, maupun di animenya. Dia selalu menggendong Togepi jika sedang bertualang. Tujuan Misty adalah menjadi pelatih Pokemon tipe air terbaik sedunia. Tetapi, demi kelangsungan gym Cerulean di kota tempat tinggalnya, ia berpisah dengan Ash setelah Konfrensi Silver di Johto, dan kembali ke kota Cerulean.


Brock
Dia adalah teman petualang Ash dan Misty. Nama Jepangnya Takeshi. Dia adalah cowok yang matanya sipit, juga mata keranjang(tau kan^^). Setiap melihat cewek, dia pasti mau kenalan. Di game, dia juga Leader Gym. Dia adalah Leader Gym Pewter City. Tipe Pokemonnya batu, di anime, maupun di game. Brock mulanya adalah pemimpin gym dari kota Pewter. Demi impiannya untuk menjadi peternak Pokemon terbaik, ia mengikuti perjalanan bersama Ash.


May
Nama Jepangnya adalah Haruka. Tujuan May pertama kali hanyalah untuk berjalan-jalan mengelilingi dunia Pokemon, Namun seiring waku Ia ingin menjadi Pokemon Koordinator dengan cara mengikuti semua Pokemon Contest.


Dawn
Nama Jepangnya adalah Hikari. Teman baru Ash di negeri Sinnoh. Seperti May, ia juga ingin menjadi seorang Pokemon Koordinator yang berbakat.



Nurse Joy
Dia adalah penyembuh pokemon. Di game, ketika kita di Poke Center, dialah yang menyembuhkan pokemon kita. Dia juga baik hati. Walaupun dia tidak bisa bertarung, tapi dia punya pokemon, yaitu Wiglytuff. Juga, Brock selalu tertarik padanya karenya kecantikannya.


Todd
Nama Jepangnya adalah Tōru. Todd adalah seorang photographer. Tugasnya adalah memotret pokemon-pokemon yang ditemuinya untuk koleksi. Dia pernah memotret Sunflora. Sewaktu Todd menunggu, Sempat keluar blizzard dari Sunflora.


Tracey Sketchit
Nama Jepangnya Kenji. Sering dipanggil Tracey. Dia adalah penonton Pokemon dan juga pelukis(tapi tidak begitu terkenal). Ia memiliki pokemon, yaitu Venonat, Marill dan Scyther. Dia berlari ke Ash dan Misty saat di Orange Island saat mereka mengatakan selamat tinggal pada teman baik mereka, Brock. Dia hanya ada di anime dan Pokemon Puzzle League.

Professors

Ini dia karakter-karakter professor di game dan anime Pokemon. Silahkan dilihat^^





Professor Oak
Nama lengkapnya Professor Samuel Oak. Nama Jepangnya adalah Yukinari Ōkido-Hakase. Ia adalah professor di game Pokemon Leaf Green dan Fire Red. Dia adalah Pokemon researcher. Di game, dia membantu kita(karakter utama) menjadi trainer yang kuat. Di anime, dia membantu Ash, Misty dan Brock selama berpetualang.


Professor Felina Ivy
Nama Jepangnya adalah Uchikido-Hakase. Dia adalah professor di anime, di Orange Island, selatan dari Kanto. Dia tidak ada di game, tapi hanya di anime. Sama seperti professor lainnya, dia juga memberikan Pokeball, Pokedex kepada Trainer.


Professor Elm
Nama Jepangnya adalah Utsugi-Hakase. Di game, dia professor Pokemon Gold dan Silver. Dia adalah murid professor Oak yang paling hebat. Pekerjaannya adalah spesialis dalam pemeliharaan Pokemon.


Professor Birch
Nama Jepangnya adalah Odamaki-Hakase. Di game, dia adalah professor Pokemon Ruby, Sapphire dan Emerald. Pertama kali kita bertemu dia di game adalah saat dia ingin diterkam oleh Poochyena. Lalu kita disuruh memilih starter pokemon untuk melawan Poochyena.


Professor Rowan
Nama Jepangnya adalah Nanakamado-Hakase. Dia adalah professor di Pokemon Diamond dan Pearl. Di game Pokemon Diamond dan Pearl, Rowan mulai seperti seorang professor yang mengunjungi Danau Verity untuk menangkap Red Gyarados yang dikatakan bahwa tinggal di danau.

0 komentar:

Poskan Komentar